Skip to main content

Yang muda yang berkarya BKI


Manusia selalu berkomunikasi satu dengan yang lain, karena manusia merupakan mahluk sosial yang membutuhkan interaksi antara satu dengan yang lain untuk saling berkomunikasi, baik melalui tulisan maupun percakapan, kedekatan antara satu dengan yang lain tergantung dengan aktifitas komunikasi yang terjadi diantara keduanya.
Komunikasi adalah proses penerimaan dan penyampaian pesan dan pemahaman pada waktu yang sama, Tanpa ada awal dan ahir.  Semua komunikasi melibatkan dengan pengiriman simbol dengan makna tertentu. simbol dapat berupa verbal maupun non verbal. ketepatan penyampaian smbol-simbol tergantung pada pada seberapa jauh ketepatan penerimaan dalam penafsiran informasi yang diberikan pengirim pesan. Dengan adanya ketepatan informasi ini maka terjadilah apa yang dinamakan dengan “penerima” mengetahui apa yang diketahui pengirim, penerimaan menilai sebagai mana pengirim menilai, penerima merasakan sebagai man yang di rasakan pengirim, da memutuskan apa yang ingin diputuskan oleh pengirim.
     Bimbingan konseling merupakan  suatu kegiatan yang melibatkan seorang guru pembimbing dan konseling guru bk konselor dalam upaya memandirikan  peserta didiknya  untuk mengekplorasi  permasalahan yang  dicapai serta kemungkinan –kemungkinan pilihan. Selanjutnya konseling di fasilitasi untuk menetapkan pilihan atau mengambil keputusan yang patut diduga.
Proses bimbingan konseling merupakan proses komunikasi yang artinya  dalamnya terjadi proses penyampaian pesan dari seseorang  sumber pesan kepada seseorang atau sekelompok  orang penerima pesan.  Pesan yang dikirim biasaya berupa informasi keterangan  dari pengirim pesan, pesan tersebut  di ubah dalam bentuk lambang seperti kata-kata, sandi atau lambang-lambang melalui chanel seperti powerpoin ohp film atau pun gambar.
    Sedangkan media berperan penting dalam penyampaian pesan yang mana media merupakan bagian proses komunikasi. melalui media, pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling lebih menarik dan menyenangkan. Aspek penting lainya pengunaan media adalah membantu memperjelas isi pesan yang ingin disampaikan dalam bimbingan dan konseling. informasi secara lisan terkadang tidak di fahami sepenunya oleh siswa, terlebih lagi apabila guru bk kurang cakap dalam memperjelas materi layanan atau masalah. Disinilah peran media, sebagai alat bantu memperjelas pesan bimbingan dan konseling..
Tidak di pungkiri bahwa dalam proses komunnikasi sering timbul dan terjadi penyimpangan-penyimpangan yang menyebabkan prosese bimbingan tidak efektif dan efesien. Antara lain di sebabkan oleh adanya kencenderungan verbalisme, ketidak siapan, kurang minat dan gairah sehinga menyebabkan peserta tidak fokus terhadap materi yang disampaikan. Apabilala dalam proses bimbingan peserta didik mempunyai ketertarikan terhadap materi dan di dukung oleh pembimbing  dalam penyampaian materi dengan cara yang menarik, sehingga peserta didik menjadi tertarik untuk mempelajari materi maka keberhasilan kegiatan bimbingan akan mudah tercapai.
Salah satu cara agar proses bimbingan menarik adalah dengan media bimbingan dan konseling yang mana media bimbingan dan konseling adalah segala sesuatu yang dapat di gunakan untuk menyalurkan pesan bimbingan dan konseling yang dapat merangsang perasaan, perhatian, dan kemauan siswa untuk memahami dirinya mengarahkan diri, mengambil keputusan serta memecahkan masalah yang di hadapi. 
Banyak jenis media yang dapat digunakan oleh guru pembimbing untuk menunjang penyampaian materi bimbingan. poster merupakan salah satu media penyampaina, mampu mempengaruhi prilaku, sikap dan tatat nilai dalam masyarakat, untuk berubah dan melakukanYang muda yang berkarya
Seandainya semua guru bk faham dan kretif dengan pemanfaatan dunia maya akan lebih asik dan menyenangkan dalam melalui pelayanan konseling tentunya, menyingkat waktu dan efesien, dinunia yang semakin cangih dan moderen ini dengan bantuan komputer hp, teb, segala jenis barang elektroni yang mengunakan akses internet,  pada saat ini coba saja ya kalo pelayanan guru bimbingan konseling memanfaatkan dunia maya sebagia alat untuk penyampaian materi atau pun kegiatan bimbingan kelompok lebih simpel bukan....?
Tetapi apakah semua bisa memangfaatkan itu.....?
Tergantung masing-masing individu kita yang masih muda lungkanlah pemikiran dan kretif mu mengenai kemajuan teknologi itu apalagi di kaitkan dengan  teknologi di dalamnya sunggguh asik dan menyenangkan bukan berkolaborasi dengan anak ilmu pengetahuan informasi, membuat aplikasi-aplikasi tentang layanan bimbingan konseling permainan yang bisa menumbuhkan kinerja otak akan lebih bermanfaat dari pada harus bermain dengan gem yang membuat waktumu gak bermanfaat kan bukan?

Comments

Popular posts from this blog

PROSEDUR dan manual MICROTRAINING (Attending, Empati, Refleksi, Eksplorasi, Praphrasing, Bertanya Membuka Percakapan, Dorongan Minimal, Interpretasi, Mengarahkan dan

KATA PENGANTAR اَلحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَ الصَّلاَةُ وَ السَّلاَمُ عَلَى اَشْرَفِ اْلاَنْبِيَاءِ وَ اْلمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ اَجْمَعِيْنَ. اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهِ وَ حْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَ اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ اَمَّا بَعْدُ. Puji dan syukur senantiasa penulis haturkan kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan karunia-Nya, penulis dapat menyelesaikan makalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Kewarganegaraan dengan baik dan tepat waktu. Makalah yang penulis buat ini berjudul Manual dan Prosedur Microtraining  (Attending, Empati, Refleksi, Eksplorasi, Praphrasing, Bertanya Membuka Percakapan, Dorongan Minimal, Interpretasi, Mengarahkan dan Menyimpulkan Sementara) dibuat berdasarkan hasil penyusunan data-data yang diperoleh dari berbagai buku referensi yang berkaitan dengan mata kuliah Komunikasi Konseling, serta berbagai informasi dari berbagai sumber lainnya. Dalam pembuatan makalah ini, penulis

BAB 3 PONDOK PESANTREN DAN PERKEMBANGAN ISLAM DI INDONESIA

  BAB 3 PONDOK PESANTREN DAN PERKEMBANGAN ISLAM DI INDONESIA Materi

PERKEMBANGAN KEBUDAYAAN ISLAM PADA MASA KHULAFAURRASYIDIN

BAB I PENDAHULUAN 1.1    Latar Belakang Islam yang dibawa Nabi Muhammad Saw hingga sekarang sudah memasuki abad ke-15.Sepanjang waktu tersebut umat Islam menganut ajaran dan mengembangkannya hingga melahirkan kebudayaan Islam.kebudayaan Islam pada zaman klasik mencapai puncak kejayaan, memasuki zaman pertengahan kebudayaan Islam melemah drastis. Memasuki zaman modern kebudayaan Islam sedikit demi sedikit mengalami perkembangan. Bagi mahasiswa calon guru agama perlu mengetahui perkembangan kebudayaan Islam.Agar dapat menyadari bahwa maju mundurnya kebudayaan Islam terdapat faktor-faktor yang mempengaruhinya. Selain itu mempelajari Islam dari aspek kebudayaannya akan menjadi bekal bagi guru, karena disekolah dan madrasah terdapat mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. 1.2    Tujuan Adapun tujuan penulis membuat makalah ini: 1.        Sebagai acuan dalam proses belajar mengajar. 2.        Untuk memenuhi pembuatan tugas mata kuliah Sejarah Kebudayaan Islam dan