Skip to main content

contok teks konseling lintas budaya


ssamu’alaikumwr.wb

wa’alaikumsalamwr.wb(silahkan duduk dan berjabat tanggan)

Terimakasih kak mohon maaf sedikit menggangu, apakah kakak ada waktu, ada sesuatu yang saya konsultasikan dengan kakak?

Iya, silahkan sebelumnya kakak minta ma’af karena kaka dapat memberikan waktu konsultasi kurang lebih 20 menit

Iya kak, tidak papa terimakasih atas waktu yang telah di berikan. Yang penting saya bisa meluapkan perasa’an ini dengan kakak.


Baiklah kalau begitu. Sebelum konsultasi kakak ingin tau siapa nama adek?

Nama saya ipul kak

Ada sesuatu yang membuat dek ipul tampak tidak semanggat dan terlihat murung seperti ini apakah ada sesuatu yang menganjal di fikiran nak ipul.

Ya kak, tapi saya masih binggung harus mulai dari mana

Ok, nak ipul tak perlu merasa binggung,kalu saja nanti masalah nakipul adalah sebuah rahasia nanti tidak perlu takut akan kebocoran disini yang tau saya dan ipul saja. Nak ipul juga tidak usah khawatir saya akan mendengarkan semua cerita dengan sukarela, bisakah ceritakan nya apa yang membebankan ipul sa’at ini

Begini kak saya mempunyai masalah dalam belajar. Saya sulit untuk berkonsentrasi dalam belajar. Bagaimana ya kak agar saya dapat konsentrasi dalam belajar.

Memang anda kesulitan belajar itu di pelajaran apa?

Pelajaran bahasa jawa.
: Bagaimana cara guru tersebut mengajar?

: Guru tersebut mengajarnya cepat – cepat kak kemudian langsung diberi tugas. Pun guru tersebut menjelaskannya dengan bahasa yang sulit untuk di mengerti oleh saya. Kan saya bukan berasal dari jawa jadi saya kurang begitu memahami bahasa jawa.

Apakah nak ipul menyukai pelajaran tersebut tidak?

:tidak kak, saya sering beranggapan pelajaran bahasa jawa itu sulit karena  membingungkan. Alasan  saya bukan dari orang jawa jadi sulit untuk memahami pelajaran bahasa jawa


 Kalau menurut kakak coba adek beranggapan dan bersugesti pelajaran bahasa jawa itu mudah. Kemudian anda banyak- banyak mempelajari dan menulis tentang huruf aksara jawa dan setiap guru menerangkan di perhatikan dengan sungguh –sungguh. Jangan malah main – main dan kalau kurang mengerti tanyakan kepada guru tersebut dimana yang kurang mengerti dan jangan sungkan juga minta bantuan teman untuk meminta bantuan nya
 : Begitu ya kak! Iya akan saya coba solusi dari kakak dan saya akan giat untuk mempelajari bahasa jawa.


 Man jadda wa jadda barang siapa bersungguh sungguh pasti bisa

:
Makasih ya kak!        
: Sama-sama      
: Assalamualaikum kak

Waalaikumsalam

Comments

Popular posts from this blog

PROSEDUR dan manual MICROTRAINING (Attending, Empati, Refleksi, Eksplorasi, Praphrasing, Bertanya Membuka Percakapan, Dorongan Minimal, Interpretasi, Mengarahkan dan

KATA PENGANTAR اَلحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَ الصَّلاَةُ وَ السَّلاَمُ عَلَى اَشْرَفِ اْلاَنْبِيَاءِ وَ اْلمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ اَجْمَعِيْنَ. اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهِ وَ حْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَ اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ اَمَّا بَعْدُ. Puji dan syukur senantiasa penulis haturkan kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan karunia-Nya, penulis dapat menyelesaikan makalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Kewarganegaraan dengan baik dan tepat waktu. Makalah yang penulis buat ini berjudul Manual dan Prosedur Microtraining  (Attending, Empati, Refleksi, Eksplorasi, Praphrasing, Bertanya Membuka Percakapan, Dorongan Minimal, Interpretasi, Mengarahkan dan Menyimpulkan Sementara) dibuat berdasarkan hasil penyusunan data-data yang diperoleh dari berbagai buku referensi yang berkaitan dengan mata kuliah Komunikasi Konseling, serta berbagai informasi dari berbagai sumber lainnya. Dalam pembuatan makalah ini, penulis

BAB 3 PONDOK PESANTREN DAN PERKEMBANGAN ISLAM DI INDONESIA

  BAB 3 PONDOK PESANTREN DAN PERKEMBANGAN ISLAM DI INDONESIA Materi

PERKEMBANGAN KEBUDAYAAN ISLAM PADA MASA KHULAFAURRASYIDIN

BAB I PENDAHULUAN 1.1    Latar Belakang Islam yang dibawa Nabi Muhammad Saw hingga sekarang sudah memasuki abad ke-15.Sepanjang waktu tersebut umat Islam menganut ajaran dan mengembangkannya hingga melahirkan kebudayaan Islam.kebudayaan Islam pada zaman klasik mencapai puncak kejayaan, memasuki zaman pertengahan kebudayaan Islam melemah drastis. Memasuki zaman modern kebudayaan Islam sedikit demi sedikit mengalami perkembangan. Bagi mahasiswa calon guru agama perlu mengetahui perkembangan kebudayaan Islam.Agar dapat menyadari bahwa maju mundurnya kebudayaan Islam terdapat faktor-faktor yang mempengaruhinya. Selain itu mempelajari Islam dari aspek kebudayaannya akan menjadi bekal bagi guru, karena disekolah dan madrasah terdapat mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. 1.2    Tujuan Adapun tujuan penulis membuat makalah ini: 1.        Sebagai acuan dalam proses belajar mengajar. 2.        Untuk memenuhi pembuatan tugas mata kuliah Sejarah Kebudayaan Islam dan