Skip to main content

7 CARA MENJAGA KESEHATAN DAN STAMINA TUBUH SAAT BERPUASA.


7 CARA MENJAGA KESEHATAN DAN STAMINA TUBUH SAAT BERPUASA.

1. Sahur di akhir waktu
Jangan malas bangun untuk sahur. Santap sahur ini menjadi poin penting. Selama seharian berpuasa tubuh kamu memerlukan energi yang didapat dari apa yang kamu makan.
Pilihlah makanan yang kaya akan nutrisi.

2. Perhatikan porsi makan saat berbuka puasa.
Makanlah sesuai dengan porsi makan kamu yang biasanya. Bukan berarti setelah seharian berpuasa, kamu jadi balas dendam waktu berbuka puasa.

3. Awali dengan yang manis
Bukan es buah yang manisnya terlalu kuat, kamu bisa pilih dengan manis yang alami seperti kurma dan air kelapa hijau.
Tubuh mudah menyerap gula alami yang ada di dalam buah kurma. Ini juga bisa mengembalikan semangat kamu, dan melatih indra pengecap kamu sebelum akhirnya kamu menyantap makanan yang lainnya.

 
4. Minum air putih yang cukup dan cuci tangan sebelum makan.
Berbuka puasa bisa dijadikan waktu untuk mengembalikan cairan tubuh dengan meminum cukup air putih.
Minum berlebihan malah bisa membuat kamu merasa mual dan perut sakit. Hati-hati nanti kamu malah nggak fokus saat salat.
Pastikan kamu juga cuci tangan pakai sabun sebelum makan atau sebelum mulai mengolah makanan.

5. Istirahatkan tubuh pada saat buka puasa
Sebaiknya kamu tidak langsung makan berat atau menyantap makanan utama setelah waktu berbuka puasa tiba.
Kamu bisa istirahat setelah minum air putih dan makan kurma sambil menjalankan ibadah shalat maghrib.
Ini melatih tubuh terutama pencernaan kamu untuk beradaptasi dengan makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh.

6. Yakin mau makan gorengan?
 Semakin banyak macam gorengan yang kita makan, mungkin bisa menyenangkan lidah rasanya.
Tapi gorengan kurang tepat untuk jadi makanan di saat berbuka puasa. Lemak berlebih malah bisa meningkatkan kolesterol secara medadak. Kamu juga rentan radang tenggorokan dan asam lambung naik.
Selain itu, dampak lainnya adalah bisa menyebabkan bau mulut.

7. Minum susu sejam setelah makan
Kalau kamu mengonsumsi susu secara rutin, sebaikanya tahan dulu. Waktu yang dianjurkan untuk minum susu adalah 1 jam setelah makan besar.
Jadi awali dengan yang manis, perbanyak minum air putih, konsumsi makanan utama dan setelah sejam kemudian barulah kamu minus susu.

By Rendy
Smp maarif nu timika

Comments

Popular posts from this blog

PROSEDUR dan manual MICROTRAINING (Attending, Empati, Refleksi, Eksplorasi, Praphrasing, Bertanya Membuka Percakapan, Dorongan Minimal, Interpretasi, Mengarahkan dan

KATA PENGANTAR اَلحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَ الصَّلاَةُ وَ السَّلاَمُ عَلَى اَشْرَفِ اْلاَنْبِيَاءِ وَ اْلمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ اَجْمَعِيْنَ. اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهِ وَ حْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَ اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ اَمَّا بَعْدُ. Puji dan syukur senantiasa penulis haturkan kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan karunia-Nya, penulis dapat menyelesaikan makalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Kewarganegaraan dengan baik dan tepat waktu. Makalah yang penulis buat ini berjudul Manual dan Prosedur Microtraining  (Attending, Empati, Refleksi, Eksplorasi, Praphrasing, Bertanya Membuka Percakapan, Dorongan Minimal, Interpretasi, Mengarahkan dan Menyimpulkan Sementara) dibuat berdasarkan hasil penyusunan data-data yang diperoleh dari berbagai buku referensi yang berkaitan dengan mata kuliah Komunikasi Konseling, serta berbagai informasi dari berbagai sumber lainnya. Dalam pembuatan makalah ini, penulis

BAB 3 PONDOK PESANTREN DAN PERKEMBANGAN ISLAM DI INDONESIA

  BAB 3 PONDOK PESANTREN DAN PERKEMBANGAN ISLAM DI INDONESIA Materi

PERKEMBANGAN KEBUDAYAAN ISLAM PADA MASA KHULAFAURRASYIDIN

BAB I PENDAHULUAN 1.1    Latar Belakang Islam yang dibawa Nabi Muhammad Saw hingga sekarang sudah memasuki abad ke-15.Sepanjang waktu tersebut umat Islam menganut ajaran dan mengembangkannya hingga melahirkan kebudayaan Islam.kebudayaan Islam pada zaman klasik mencapai puncak kejayaan, memasuki zaman pertengahan kebudayaan Islam melemah drastis. Memasuki zaman modern kebudayaan Islam sedikit demi sedikit mengalami perkembangan. Bagi mahasiswa calon guru agama perlu mengetahui perkembangan kebudayaan Islam.Agar dapat menyadari bahwa maju mundurnya kebudayaan Islam terdapat faktor-faktor yang mempengaruhinya. Selain itu mempelajari Islam dari aspek kebudayaannya akan menjadi bekal bagi guru, karena disekolah dan madrasah terdapat mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. 1.2    Tujuan Adapun tujuan penulis membuat makalah ini: 1.        Sebagai acuan dalam proses belajar mengajar. 2.        Untuk memenuhi pembuatan tugas mata kuliah Sejarah Kebudayaan Islam dan